Ngumbah Gaman Warisan Leluhur

ngumbah_gaman_by_chy_5

Senin, 28 Desember 2008 yang bertepatan dengan 1 Suro merupakan momen penting yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Ponorogo dan masyarakat Ponorogo. Hujan yang sempat mengguyur kota yang dikenal dengan Kesenian Reog, tak menyurutkan pelaksanaan momen sakral yang dilaksanakan setahun sekali tepat pada saat 1 Suro (Bulan Jawa). Ngumbah Gaman atau memandikan pusaka yang disakralkan merupakan satu dari serangkaian acara Suroan.

Sebelum proses tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan Larung Sesaji yang dilaksanakan di Ngebel. Setelah itu, pusaka tersebut diarak keliling kota danngumbah_gaman_by_chy_21 berakhir di Alun-alun Kota Ponorogo. Bupati kota Ponorogo dan beberapa orang yang dipercaya melakukan ritual pencucian pusaka dengan air yang telah disucikan. Berharap keberkatan dan keselamatan masyarakat Ponorogo dan dan Indonesia pada umumnya.

Akhir dari acara tersebut adalah Tumpengan yang dibawa ketengah-tengah penonton. Banyak wngumbah_gaman_by_chy_4arga yang berebut ingin mendapatkan isi dari Tumpengan yang dipercaya membawa berkah. Tidak hanya Tumpeng saja yang menjadi rebutan masyarakat, air suci yang digunakan pencucian pusaka pun menjadi incaran masyarakat. Air tersebut juga dipercaya dapat memberikan kesehatan dan umur panjang serta awet muda.

Acara ini tidak hanya disaksikan oleh masyarkat lokal saja, tetapi dari luar daerah bahkan para Warga Negara Asing pun memenuhi sepanjang jalan sampai dengan Alun-alun. Pemerintah dan masyrakat pun berharap agar kebudayaan dan warisan leluhur asli Indonesia tetap terjaga.(CHY)


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: